Tausyiah Pendek: Buku 99 catatan dosa

Buku 99 catatan dosa

Jenis dosa manusia bukan cuma satu saja, akan tetapi ada 99 jenis, dan semua memiliki buku sendiri~sendiri yang di tulis oleh Malaikat pencatatat Amal buruk.

Sedangkan buku catatan tersebut terangkum dalam satu gumpalan nama yaitu Dosa, seperti yang kita sebut sebut, akan tetapi di dalam Dosa terdapat 99 jenis dosa, tak perlu di sebut tentu semua juga tau jenis~jenis dosa semacam:

Mabuk, zina, gibah, namimah, mengumpat, melaknat mendholimi, dan lain sebagainya, yang lebih fenomenal dan ter modern saat ini dalah CURIGA dan mencari cari kesalahan orang demi uang dan bayaran atau meningkatkan popularitas diri, untuk lebih jelasnya bisa juga langsung CLIK DI SINI untuk megetahui 99 jenis dosa.

Dan buku tersebut yang kelak akan di buka ketika pada hari Yaumul Hisab, dan di tunjukan oleh Malaikat, lalu di timbang pada hari Yaumul Mizzan.

Bila kita berfikir dan mengingat dosa~dosa, dan di bandingkan dengan kebaikan yang kita perbuat, maka sungguh betapa banyak dosa yang kita perbuat.

Akan tetapi ada sebuah amalan yang mampu menjadi pemberat timbangan Amal baik, dan banyaknya dosa yang kita perbuat sangat tak sebanding dengan sebuah amalan tersebut.

Seperti kisah Syekh Kholil yang ada di Bangkalan Madura pada masa ia masih hidup, selembar tulisan mampu mengalahkan beratnya sapi yang sangat gemuk, kejadian tersebut kelak bakal kita jumpai pada hari Yaumul Mizan, yaitu buku 99 catatan Amal buruk akan kalah dengan selembar kertas saja.

Sebagaimana yang di kisahkan oleh Abdullah bin Amr bin Ash r.a yang di sabdakan oleh Rasulullah S.a.w.

"Sesungguhnya Allah akan menyelamatkan seseorang dari umatku di hadapan seluruh mahluk pada hari kebangkitan, lalu di bentangkan di hadapanya 99 buku (catatan amal buruknya), setiap buku itu panjangnya sejauh mata memandang.

Kemudian Allah berfirman: 'apakah kamu menyangkal sesuatu yang tertulis di sini? apakah para (malaikat) pencatat~Ku telah berlaku zhalim (tidak adil) terhadapmu?' 

Ia menjawab: "Tidak wahai Rabbku". 'Allah berfirman, 'Apakah kamu merasa keberatan?, Ia menjawab: "Tidak wahai Rabbku", lalu Allah berfirman, Baiklah! Sesungguhnya di sisi Kami, kamu mempunyai satu amal kebaikan, dan sesungguhnya pada hari ini tidak ada kezhaliman terhadapmu. 'Kemudian di keluarkan selembar kertas yang di dalamnya terdapat (Tulisan)

《ASHADU ALLAA ILAAHA ILLAALLAHU WA ASHADU ANNA MUKHAMMADAN ABDUHU WARASUULUHU》

"Aku bersaksi bahwasanya tiada yang berhak di sembah selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba~Nya dan utusan~Nya"

Kemudian Allah berfirman 'Mendekatlah pada timbanganmu!' Ia berkata, "Wahai Rabbku, berapakah beratnya selembar kertas ini di banding dengan semua buku (Catatan dosa~dosaku ini?"

Allah S.w.t. berfirman, 'Sesungguhnya pada hari ini kamu tidak akan di zhalimi. ' Kemudian buku~buku (catatan dosa~dosanya) itu di letakan pada sebelah timbangan dan sehelai kertas tadi di sebelah timbangan lainya. Maka naiklah (ringanlah) timbangan yang berisi semua buku~buku itu dan turunlah (beratlah) timbangan yang berisi sehelai kertas tadi.

Memang tak ada sesuatupun yang dapat menandingi beratnya nama Allah" (Hr Tirmidzi no 2639)

Subhanallaah...

Sedemikian berat Asma Allah tersebut, akan tetapi walau berat ya setidaknya kita tidak mengandalkan itu saja, namun juga hati~hati dengan perbuatan dosa yang di larang oleh Allah S.w.t. melalului Nabi~Nya, sebab besar atau kecil dosa yang kita perbuat tetaplah ada hukuman tersendiri, ntah di dunia atau di Ahirat pasti ada hukumanya, terlebih bagi yang mengerti dosa namun dosa tersebut tetap di terjang demi sebuah nafsu atau keinginan.

Demikian sedikit tausyaih sekaligus Ilmu yang sangat bermanfaat untuk menuju perbaikan diri sendiri, kurang lebihnya Allahu A'lam Bishawwab.

Baca juga motiffasi umum dan Islami yang mungkin bermanfaat, silahkan CLIK DI SINI

No comments:

Post a Comment