Tausyiah Pendek: 9 Roh Yang Ada Di Tubuh Manusia

9 Roh Yang Ada Di Tubuh Manusia

بِسْمِ اللهِ الّرَحْمٰنِ الّرَ حِيْمِ

اِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَّمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ  

"Setiap orang pasti ada penjaganya". [QS. At-Tariq: Ayat 4]

Menurut ajaran islam seperti yg tertulis dalam Al Qur’an surat Al-Isra:17 ayat 85 yg isinya:
“dan mereka bertanya kepadamu tentang Roh,katakanlah: Roh itu termasuk urusan Tuhanku dan tidaklah kamu di beri pengetahuan melainkan sedikit”

Jadi manusi tidak di beri pengetahuan tentang Roh secara luas kecuali hanya sedikit, pengetahuan yg “sedikit” ini tidak di sia-siakan oleh para pakar penghayat ilmu batin.

Menurut ilmu batin pada diri manusia terdapat 9(sembilan) jenis Roh, dan masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri, ke sembilan Roh yg ada pada diri manusia tersebut adalah:


1.  ROH IDHOFI (Roh illofi)

Roh ini sangat utama bagi manusia Roh Idhofi juga di sebut “JOHAR AWAL SUCI” karna Roh inilah manusia bisa hidup,,,
Bila Roh ini kluar dari raga maka yg bersangkutan akan mati, Roh ini biasa desebut “NYAWA”.


Roh Idhofi merupan sumber dari Roh-Roh lainya, kalau saja Roh ini kluar maka Roh-Roh yang lain pun ikut keluar mengikutinya, namun sebaliknya kalau salah satu Roh yg lain keluar maka Roh ini tidak ikut keluar dan tetap tinggal di raga dan manusia pun tetap hidup.

Bagi manusia yg sudah sampai pada IRADAT TUHAN atau kebatinan tinggi tentu akan bisa menjumpai ROH IDHOFI dengan penglihatanya, dan wujutnya mirip diri kita baik rupa maupun segala sesuatunya bagai kita berdiri di depan cermin,

Roh Idhofi ini yang biasa orang jawa sebut sedulur pancer, meskipun Roh-Roh yang lain juga demikian tetapi kita dapat membedakanya dengan Roh yg satu ini,

Alamnya ROH IDHOFI berupa cahaya (nur) terang benderang dan rasanya sejuk tenteram(bukan dingin), dan tentu saja semua orang bisa menjumpai bila sampai “INSAN KAMIL” atau (puncak ilmu batin).


2. ROH RABBANI:
Roh yg di kuasai dan di perintah oleh Roh Idhafi, alamnya Roh ini berada di alam cahaya (nur) kuning, sifatnya diam tak bergerak, bila kita berhasil menjumpainya maka kita tidk akan mempunyai kehendak apa-apa,,,,

Hati pun terasa tenteram dan tubuh tak merasakan apa-apa, dalam ilmu batin tingkatan ini yg biasa di sebut “MATI DI ANTARA HIDUP”.

3.  ROH ROHANI:


Roh inipun juga di kuasai dan di printah oleh Roh Idhafi, karena adanya Roh ini maka manusia memiliki kehendak dua rupa,,,atau yg biasa di sebut “NAFSU”.

Kadang-kadang suka sesuatu, tetapi di lain waktu ia tak menyukainya, ROH ini mempengaruhi perbuatan baik dan buruk, ya Roh Rohani inilah yg menempati 4 jenis nafsu yaitu:
 1. Nafsu Luwamah (aluwamah).
 2. Nafsu Amarah.
  3. Nafsu Supiah.
  4. Nafsu Mulamah (mutmainah.

Kalau manusia di tinggal oleh Roh Rohani ini maka manusia itu tidak mempunyai nafsu lagi, sebab semua nafsu manusia Roh ini yg mengendalikanya,,,,

Maka dari itu apabila manusia sudah bisa mengendalikan Roh Rohani ini dengan baik maka ia akan hidup dalam kemuliaan.
 Roh Rohani ini sifatnya selalu mengikuti penglihatan dan yg melihat, dimana pandangan kita tempatkan di situ Roh ini berada, nah sebelum kita dapat menjumpainya terlebih dahulu kita akan melihat bermacam-macam cahaya (nur) bagai kunang-kunang, setelah cahaya ini menghilang barulah muncul Roh Rohani tersebut.


4.  ROH NURANI:
Roh ini di bawah pengaruh  Roh Idhofi, Roh Nurani ini membawa sifat terang, karna adanya Roh ini menjadikan manusi yg bersangkutan jati terang hatinya, kalau roh ini meninggalkan tubuh maka orang tersebut hatinya akan gelap dan gelap fikiranya.


Roh nurani ini hanya menguasai nafsu MUTMAINAH saja, maka bila manusia di tunggui Roh Nurani maka nafsu Mutmainahnya akan menonjol mengelabuhi nafsu-nafsu lainya.
Hati jati tenang perilakunya pun baik dan terpuji               , air mukanya bercahaya tidak banyak bicara tidak ragu-ragu dalam menghadapi segala sesuatu, tidak protes bila di timpa kesusahan, suka,duka,sedih,bahagia, di pandang sama.


5. ROH KUDUS (ROH SUCI)
 Roh yang di bawah kekuasaan  Roh Idhofi juga, roh ini mempengaruhi orang yg bersangkutan mau memberi pertolongan kepada sesama manusia, mempengaruhi perbuatan kebajikan dan mempengaruhi berbuat ibadah sesuai kepercayaan yg di anutnya.

6.  ROH RAHMANI:
Roh di bawah kekuasaan Roh Idhofi pula, Roh ini di sebut ROH PEMURAH karna di ambil dari kata “RAHMAN” yg artinya pemurah, Roh ini mem,pengaruhi manusia bersifat sosial, suka memberi.

7.  ROH JASMANI:
Roh ini jga di bawah kekuasaan Roh Idhofi, Roh ini menguasai seluruh darah dan urat syaraf manusia, karna adanya Roh Jasmani ini maka manusia dapat merasakan adanya rasa sakit,lesu,lelah,segar dan lain-lainya.


Bila Roh Jasmani ini keluar dari tubuh maka tubuh tidak merasakan apa-apa di tusuk jarum pun tidak akan terasa sakit.

Kalau kita bisa menjumpainya maka wujutnya akan sama dengan kita hanya berwarna merah.
Roh Jasmani ini menguasai Nafsu Amarah dan Nafsu Hewani, Nafsu Hewani ini mempunyai sifat dan kegemaran seperti binatang misalnya:
Malas,suka besetubuh/zina, serakah,mau menang sendiri (egois) dan lain sebagainya.


8.  ROH NABATI:
Ialah Roh yang mengendalikan perkembangan dan mengendalikan badan, roh ini juga di bawah kekuasaan Roh Idhofi.

9.  ROH REWANI:

Ialah Roh yg menjaga raga kita, bla Roh ini keluar maka yang bersangkutan akan tidur, bila masuk ke tubuh maka akan terjaga(melek).

Bila orang tidur dan bermimpi dengan arwah seseorang, maka Roh Rewani dari orang bermimpi itulah yg menjumpainya, jadi mimpi itu hasil kerja Roh Rewni yg mengendalikan otak manusia, Roh Rewani ini juga di bawah kekuasaan Roh Idhofi demikian juga Roh-Roh yg lain dalam tubuh sangat dekat dengan Roh Idhofi.


Demikianlah 9 Roh yang ada dalam tubuh manusia yang Allah sebutkan dalam Syurat At tariq di atas.