Tausyiah Pendek: Tiga kalimat kunci takwa

Tiga kalimat kunci takwa

Setiap hari jum'at pada waktu Shalat jum'at dan setiap awal kutbah, khotib selalu berpesan kepada semua orang agar bertakwa kepada Allah, akan tetapi hanya sedikit yang faham betul dengan Takwa.

Memang di jelaskan mengenai takwa adalah menyerahkan semua urusan kepada Allah S.w.t. dan percaya kepada-Nya tanpa menduakan dengan suatu apapun.

Melakukan perbuatan takwa tak semudah yang di ucapkan, akan tetapi Takwa bisa di peroleh apabila bisa melakukan tiga hal berikut:

Yaitu:

  • Istiqomah
  • Istiqaroh
  • Istighfar
Tanpa ketiga hal tersebut mustahil bisa mendapatkan Takwa, karna sumber Takwa adalah karna adanya ketiganya.

Dan bila sudah bisa menerapkan maka yang di dapat adalah:

  • Istimewa
Yang maksudnya adalah Istimewa di dalam dirinya, sebab orang yang bertakwa adalah orang yang Istimewa di hadapan Allah S.w.t. dan seluruh mahluk.

Rasulullah S.a.w. pun juga menjelaskan dalam hadis yang maksudnya adalah: Apabila menginginkan Ilmu apapun yang ada di dunia ini cukup dengan melakukan Takwa.

Sehingga tak heran apabila orang yang bertakwa bisa memiliki kelebihan tanpa melakukan wirit, lelaku, riyadoh, tirakat, puasa dan semacamnya, sebab Allah telah memberikan Maunah kepadanya dengan berkat takwanya.

Dan lagi apabila seseorang bisa menerapkan tiga hal di atas maka ia kan selamat dari:

  • Istiqdrat
Yang maksudnya adalah mendapat berbagai macam sesuatu dengan sangat mudah, mendapat harta benda yang berlimpah ruah, akan tetapi pada ahirnya ia jatuh dengan sangat buruk yaitu mendapat kesengsaraan dan penderitaan yang berkepanjangan, seperti itulah Istiqdrat (Panglulu) bahasa jawanya.

Contohnya banyak banget, terutama Koruptor yang tertangkap oleh KPK, sebelumnya ia seperti bermandikan harta benda dan berbagai kenikmatan, akan tetapi ahirnya ia harus mendekam dalam jeruji besi dan semua miliknya di rampas dengan sangat menyedihkan, itulah Istiqdrat dari Allah S.w.t.

Apabila sebelumnya seseorang sudah punya bekal tiga hal di atas dan berhasil mendapatkan ketakwaan, maka Insyaa Allah hidupnya dalam keselamatan dan keberkahan, semua yang di lakukan adalah jalan kebaikan karna dari hasil Istiqarohnya.

Demikian tiga hal kalimat inti untuk meraih Takwa, walau siple, ringkas, praktis, dan pendek, apabila mengerti dengan benar Insyaa Allah tausyiah pendek ini sangat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment