Tausyiah Pendek: Memilih Teman

Memilih Teman

Teman yg baik akan membawa kebaikan pada temanya dan begitu pula sebaliknya..

Berteman kepada orang yg baik, terlebih kepada orang Ahli Syurga, adalah suatu keuntungan besar bagi kita...

Apabila kedapatan amal baik kita tidak bisa mengantarkan ke Syurga, maka hanya teman lah yang bakal menolong untuk di ajaknya masuk Syurga..

Seseorang yang baik dapat di ketahui dari sifat dan sikapnya, sebagaimana Sabda Rasulullah berikut:
An kharisyatabni wahbin radliyaallahu anhu qola: samikhtun nabbiya shalallah alaihi wasalamma yaquulu "Ala adulukum alaa ahlil jannah...?? Kullu dloiifiin mutadloiifiin lau aqsama alaallaahi la abarrahu, wa ahlun nari kullu jawwadhziin utulliin mustakbirin"

Dari Harisah bin wahab r.a berkata: Aku mendengar Nabi S.a.w. Bersabda: "Maukah aku tunjukan pada kalian tentang ahli Syurga..?? Yaitu styap orng yg lemah (tdk kasar dalam pergaulan dan ahlaq sederhana dan lemah lembut) juga menganggap dirinya lemah (tetapi ia sangat dekat kepada Allah) jika ia bersumpah atas nama Allah (Mengadu Kepada Allah) niscaya Allah mmperkenankanya, sedang ahli Neraka yaitu setiap orang yang bakhil (Suka numpuk harta dan pelit) kasar (dalam tingkah laku) dan sombong" Hr Bukhari 6657

Dari ciri~cirinya sudah klihatan mana orang yang baik dan yang bukan dan yg pantas untuk di jadikan teman dunia ahirat..

Namun juga harus hati~hati kepada oranglain, karna yang terlihat lembut belum tentu baik, dan terlihat baik belum tentu mulia hatinya, sebab tak sedikit seorang yang munafik, membungkus kejahatanya dengan kelembutan..

Allahu A'lam Bishawwab..

No comments:

Post a Comment