Tausyiah Pendek: Jin Sang Pendengar Setia

Jin Sang Pendengar Setia

Al~Qur'an dan ke tiga kitab yang di turunkan Allah S.w.t. Hanya untuk Manusia saja, padahal Mahluk Allah S.w.t. Di dunia ini bukan manusia saja, tetapi ada yang lain, yaitu Binatang dan Jin.

Mereka semua cipta'an Allah, akan tetapi hanya Manusia saja yang mampu dan kuat menerima, karna Manusia di ciptakan dengan sempurna memiliki akal, keinginan dan fikiran.

Bila binatang hanya di beri keinginan saja tanpa di beri akal, sedangkan Jin hanya di beri akal saja, tanpa di beri fikiran.

Oleh karnanya hanya Manusia yang mampu menerima kitab petunjuk dari Allah S.w.t.

Manusia di perintahkan membaca, memahami, dan belajar isi dari Al~Qur'an agar bisa memperoleh jalan yang di Ridhoi Allah.

Jangan mengira membaca Al~Qur'an itu tiada berguna, walau sekedar membaca, tetapi ada Mahluk Allah S.w.t. lain yang senantiasa aktif mendengarkan dan mencari petunjuk dari baca'an yang di ucapkan oleh Manusia.

Mahluk lain tersebut adalah JIN, karna golongan mereka tidak ada yang mendapat Wahyu atau mendapat Kitab, sehingga mereka ikut sesuai dengan perkembangan zaman, atau ikut peraturan Para Nabi Utusan Allah S.w.t. Baik Nabi terdahulu maupun yang kemudian yaitu Nabi Muhammad S.a.w.
Jin juga hidup sebagaimana Manusia cuma beda alam, ia berkelompok, bersuku dan bernegara.

Hal ini di jelaskan dalam Firman Allah berikut:

وَاِذْ صَرَفْنَاۤ  اِلَيْكَ نَفَرًا مِّنَ الْجِنِّ يَسْتَمِعُوْنَ الْقُرْاٰنَ ۚ  فَلَمَّا حَضَرُوْهُ  قَالُوْۤا اَنْصِتُوْا ۚ  فَلَمَّا قُضِيَ وَلَّوْا اِلٰى قَوْمِهِمْ مُّنْذِرِيْنَ

Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan kepadamu serombongan jin yang mendengarkan (bacaan) Al-Qur'an, maka ketika mereka menghadiri (pembacaan)nya mereka berkata, "Diamlah kamu! (untuk mendengarkannya)." Maka ketika telah selesai, mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. [QS. Al-Ahqaf: Ayat 29]

Ayat ini sangat jelas bahwa bila kita membaca Al~Qur'an meski sendirian, tetap ada pendengar dan yang menyimak, serta mengambil pelajaran dari baca'an yang kita baca.

Setelah kita selesai membaca, para Jin pendengar tersebut mendatangi kaumnya untuk dakwah dan memberi peringatan sesuai yang mreka dengar.

Demikian cara Jin bertausyiah kepada kaumnya:


قَالُوْا يٰقَوْمَنَاۤ اِنَّا سَمِعْنَا كِتٰبًا اُنْزِلَ مِنْۢ بَعْدِ مُوْسٰى مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِيْۤ اِلَى الْحَقِّ وَاِلٰى طَرِيْقٍ مُّسْتَقِيْمٍ

Mereka berkata, "Wahai kaum kami! Sungguh, kami telah mendengarkan Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan setelah Musa, membenarkan (kitab kitab) yang datang sebelumnya, membimbing kepada kebenaran, dan kepada jalan yang lurus. [QS. Al Ahqaf: Ayat 30]

يٰقَوْمَنَاۤ اَجِيْبُوْا دَاعِيَ اللّٰهِ وَاٰمِنُوْا بِهٖ يَغْفِرْ لَـكُمْ مِّنْ ذُنُوْبِكُمْ وَيُجِرْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَ لِيْمٍ

Wahai kaum kami! Terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah. Dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampuni dosa-dosamu, dan melepaskan kamu dari azab yang pedih. [QS. Al-Ahqaf: Ayat 31]

Seperti itu cara Jin mencari pelajaran dari Al~Qur'an, yaitu menunggu Manusia membaca, lalu mreka sampaikan kepada kaumnya.

Itu Jin yang tidak di beri Kitab, dan di golongan mreka tidak ada Nabi, mereka bingung dan harus menunggu ada Manusia yang membaca baru mreka mendapat pelajaran.

Kita sebagai Manusia yang sempurna, di turunkan seorang Nabi, dan di turunkan pula Kitab Al~Qur'an, agar di gunakan untuk petunjuk ke jalan Allah S.w.t. Apakah kita sudah melakukanya dengan baik..???

Apakah kita manusia kalah dengan keseriusan Jin yang serius mendengarkan Al~Qur'an..??
Sungguh Adzab Allah itu benar~benar pedih bila sampai mengabaikan pringatan~pringatan dan larangan yang di larang Allah dalam Al~Qur'an.

Dari sini pula dapat di simpulkan bahwa Jin bila tidak mendapat pelajaran, mreka lebih sering merasuk ke dalam tubuh seseorang, sehingga mereka di bacakan Ayat~Ayat Al~Qur'an baru pergi dari tubuh yang di rasuki.

Sekarang kita fikir diri kita sendiri, apakah mau di rasuki Jin dan di jadikan alat mereka untuk mendapat pelajaran dari Al~Qur'an..???

Jika tidak mau maka semestinya kita harus sering~sering membaca Al~Qur'an agar tidak di ganggu mreka para Jin.

Tentunya membaca jangan niat agar terhindar dari Jin saja, tetapi niat Lillaahi Ta'ala demi Ibadah dan mencari Ilmu juga petunjuk jalan hidup yang baik dari dalamnya, Al~Qur'an.

Sedikit tausyiah semoga bermanfa'at, semoga kita di kumpulkan dan di beri tempat yang terbaik kelak di Ahirat.. Aamiin..