Tausyiah Pendek: Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Sesungguhnya Allah meridhai tiga hal dan membenci tiga hal bagi kalian. Dia meridhai kalian untuk menyembah-Nya, dan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-Nya, serta berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah dan tidak berpecah belah..

"Dia pun membenci tiga hal bagi kalian, menceritakansesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya, dan membuang-buang harta.” (HR. Muslim no. 1715)
Imam Malik berkata:..

Wahuwa ilaksyaru minal kalami wa irjafi, nahwu qoulunnas, akto fulanu kadza wamana'a kadza,wajaudlu fimala yakni..

“Banyak bicara dan menyebar berita yang membuat orangketakutan. Seperti dengan mengatakan, “Si fulan memberi ini dan tidak mendapatini.” Begitu pula maksudnya adalah menceburkan diri dalam sesuatu yang tidak manfaat.”

Ibnu Hajar mengatakan bahwa yang dimaksud adalah:..

“Menceritakan perkataan orang banyak, lalu membahasnya.Juga bisa dikatakan seperti seseorang berkata bahwa si fulan berkata sepertiini atau seperti itu dan sebenarnya hal itu tidak disukai sebagai bahancerita.” (Fath Al-Bari, 11: 306-307)


Imam Nawawi menyatakan:..
“Yang dimaksud adalah menceburkan diri dalam berita-berita yang dibicarakan orang, dalam hal yang tidak manfaat yang membicarakan aktivitas atau gerak-gerik orang lain.” (Syarh Shahih Muslim, 12: 11)

Larangan ini sama dengan perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meninggalkan hal yang diharamkan...

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yg artinya:..

“Di antara tanda kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317 dan Ibnu Majah no. 3976.